7/11/2017

Cara Membuat Flux Sendiri Dengan Siongka Untuk Solder

Cara Membuat Flux Sendiri Dengan Siongka Untuk Solder - Flux merupakan senyawa yang bersifat korosif dan berfungsi untuk menghilangkan lapisan oksidasi dari permukaan benda yang disolder, mencegah pembentukan lapisan oksidasi baru saat disolder dan menurunkan ketegangan permukaan (surface tension) timah solder cair.

Kali ini pulsq akan berbagi ilmu bagaimana caranya membuat flux solder atau siongka cair dan ini adalah cara saya sendiri, jadi kalau memang cara saya bermanfaat silahkan lakukan tapi kalau tidak bermafaat jangan lakukan atau bisa kalian cari cari cara lain bagaimana caranya membuat cairan flux merk sendiri ini.

Mengapa saya membuat sendiri ?


Kalau flux yang murah itu harganya Rp 2000 per 50ml kalau yang mahalnya Rp 45.000 per 50ml harganya jauh berbeda tapi kualitasnya juga berbeda nah kalau membuat flux sendiri harganya jauh lebih murah mungkin sekitar Rp 45.000 Tapi hasilnya bisa sampai 1liter flux bisa buat 2 tahun kayaknya tuh hehehe dan kualitasnya gak kalah sama flux mahal

Membuat flux cair menggunakan batu Siongka

Bahan untuk membuat flux/easy flux serbaguna untuk menyolder besi, timah, stainless, tembaga yang tidak bisa merekat/menempel

1. Batu Siongka
Cara Membuat Flux
Kalian tau batu siongka? yaa itu bahan dasar membuat flux batu songka ini bisa didapatkan di toko penjual komponen elektronika dan gak semuanya jualan cari toko komponen elektronika yang besar pasti dia menjual batu ini harga per ons Rp 5000 kurang lebih biasanya batu ini dibeli oleh teknisi service elektronika seperti televisi radio kipas angin dll ya buat membersihkan ujung solder tinggal tancep2 in ja ujung solder ke batunya nyusssss langsung deh keluar asep kayak dukun

2.Tinner
tinner a super
Disarankan memakai tinner A terbaik atau tiner yg mengandung kadar minyak

3.Wadah untuk proses memasak
wadah makanan almini
Cari wadah dari bahan kaleng atau almunium atau kamu juga bisa pakai wajan tapi jangan wajan lah pake kaleng bekas aja dan bersih

Proses pembuatan flux cair

1. Panaskan wadah tersebut dengan api seperti lilin buat aja 3 buah lilin untuk menjadi pemanasnya, JANGAN Pakai kompor GAS ingat JANGAN takutnya meleduk.

Mengapa saya memasaknya? Mrngapa tidak langsung campur saja batu songka dan tiner? Alasan saya karena jika langsung dicampur begitu saja maka hasilnya ketika kita ingin mencabut ic BGA atau ingin memasang ic BGA maka akan timbul busa yg meletus letus dikolong IC...ini sangat menyulitkan saat ingin memasang ic....maka dari itu saya memasaknya agar mendapatkan teksture yg pas dan lebih stabil saat digunakan alias tidak meletok meletok :D

2. Kemudian masukan beberapa batu songka kedalm wadah tunggu sampai mencair.

3. Disaat mencair masukan tiner sedikit demi sedikit kedalam wadah dan aduk rata pakai sendok atau kayu bersih sperti sumpit aduk hingga rata terus masukan tiner sampai songka tersebut encerrrr

4. Kalau saya mengaduknya menggunakan dinamo jadi mirip kayak nge blender gitu itu lebih rata dibanding aduk manual karna proses pengadukan ini lumayan menguras waktu dan tenaga mirip kayak kita bikin dodol. Untuk pemula buatlah sedikit dulu jangan langsung banyak banyak nanti kalau udah tau ukurannya baru produksi banyak

Hasil dari membuat flux sendiri untuk proses solder

Cara Membuat Flux
Hasil flux anda baru bisa dilihat kalau fluxnya sudah dingin itulah teksture yang sebenarnya kalau keadaan panas kan terlihat encer "Sekian cara saya membuat flux" Selamat mencoba.

1 komentar

ide bagus jadi irit...


EmoticonEmoticon